Jumat, 10 Februari 2012

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persuteraan Alam


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persuteraan Alam
Dalam persuteraan alam terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha, antara lain:
  1. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam merupakan tempat berusaha/lokasi usaha yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh kegiatan persuteraan alam. Sumber daya alam tersebut, seperti kondisi iklim, tanah dan air yang sangat menentukan keberlanjutan usaha dan keberhasilan budidaya tanaman murbei sampai ulat sutera tersebut menjadi kain sutera.
  1. Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan penggerak pengelolaan sumber daya alam. SDM yang dibutuhkan dalam keberhasilan persuteraan alam adalah SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi persuteraan alam yang up to date, mahir dan terampil.
  1. Metode (Teknologi dan Manajemen)
Metode yang mempengaruhi keberhasilan persuteraan alam dibagi menjadi 2:
a)      Teknologi
Teknologi merupakan teknik yang harus dikuasai SDM untuk mengolah Sumber Daya Alam, agar menghasilkan produk berlimpah dengan kualitas baik dan berdaya saing tinggi dipasaran. Teknologi dapat mengefisienkan waktu dan memudahkan pekerjaan.
b)      Manajemen
Manajemen adalah alat untuk mencapai suatu tujuan bersama dalam suatu organisasi atau perusahaan. Manajemen yang diperlukan dalam persuteraan alam diantaranya:
ü  Manajemen Produksi
ü  Manajemen SDM
ü  Manajemen Keuangan
ü  Manajemen Pemasaran
  1. Sumber Daya Kapital/Permodalan
Sumber Daya Kapital/Pemodalan merupakan faktor penentu bergeraknya suatu kegiatan usaha persuteraan alam. Seluruh sumber daya akan bergerak dengan adanya pembiayaan.
  1. Pasar dan Pemasaran
Pemasaran merupakan ujung tombak dari kegiatan usaha persuteraan alam. Karena semua aspek yang ada dalam persuteraan alam akan menghasilkan produk persuteraan alam yang harus dapat diterima oleh pasar. Pemasaran tersebut harus mampu menyalurkan produk yang telah dihasilkan dan produk tersebut harus berdasarkan market oriented (sesuai dengan kebutuhan pasar).



Faktor lingkungan yang mempenggaruhi keberhasilan persuteraan alam
Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi keberhasilan persuteraan alam, khususnya budidaya tanaman murbei dan pemeliharaan ulat sutera antara lain:
q  Pakan/daun murbei     : 38,2 %
q  Klimat                         : 37 %
q  Teknik Pemeliharaan: 9,3 %
q  Kualitas Telur              : 3,1 %
q  Jenis Ulat Sutera         : 4,2 %
q  Faktor lainnya             : 8,2 %

Tidak ada komentar:

Posting Komentar